SHOUT HERE

08 August 2012

MEMAHAT SEJARAH GEMILANG

Saudaraku…
Kita pasti pernah bermimpi. Mimpi orang muda, orang tua, pejabat, rakyat jelata, dosen dan mahasiswa, pedagang, petani, pengusaha, orang yang masih hidup lajang dan yang sudah menikah tentu berbeda. Demikian pula orang yang tinggi cita-citanya dengan orang yang lemah semangatnya jelas berbeda pula mimpinya. Tapi kita selaku umat Islam memiliki satu cita-cita dan mimpi. Apapun profesi dan jabatan serta status kita. Kita bermimpi, Islam kembali mewarnai dunia. Peradaban Islam kembali berjaya, seperti di zaman Nabi saw dan para sahabat.

Saudaraku...
Pepatah mengatakan "mimpi hari ini adalah kenyataan hati esok." Maka pada saat kita bermimpi bahwa sejarah gemilang umat Islam akan kembali terukir dalam sejarah, itu bukanlah mimpi kosong. Bukan pula isapan jempol belaka. Tidak pula seperti panggang jauh dari api. Selama mimpi-mimpi indah kita tersebut dibarengi dengan ikhtiyar dan usaha maksimal. Selama kita berpegangan kepada Zat Yang Maha Kuat. Selama seluruh elemen kekuatan umat bersatu padu menggapai mimpi. 

Syekh Mustafa Siba'i rahimahullah pernah menularkan pengalamannya kepada kita. Agar peradaban Islam menjadi rujukan bagi kehidupan umat manusia. Ia menulis: Para pemuda, memahat sejarah dengan hati mereka. Para ulama membangun peradaban dengan akal mereka. Dan orang-orang bijak, melukis masa depan Islam dengan ruh mereka. Jika hati, akal dan ruh berpadu dan saling menopang untuk membangun sejarah, tentu akan tercipta peradaban yang tiada padam cahayanya. Seperti api yang tak akan sirna kilauannya. Demikianlah sejarah (gemilang) telah tercipta pada generasi pertama (generasi sahabat, era terbaik umat ini). (Hakadza 'allamatnil hayat). 

Saudaraku...
Pemuda, ahli ilmu dan orang-orang bijak adalah tiga elemen kekuatan yang tangguh untuk mengembalikan kejayaan umat. Syaratnya ketiga elemen itu menjadi pilar dan tiang yang saling menguatkan. Ketika para pemuda, yang biasanya larut mengikuti aliran syahwat. Justru mereka hidup mengikuti arahan hati nurani. Berpikir dan berperilaku sesuai petunjuk hati yang hidup. Beramal dan berjuang serta beraktifitas sesuai dengan suara hati. Maka hal itu merupakan asset berharga untuk mengembalikan kejayaan umat. 

Ketika para ahli ilmu dan ulama, mentransfer ilmu mereka kepada masyarakat. Membimbing umat untuk memahami hakikat hidup dan kehidupan. Menunjuki mereka jalan-jalan kebahagiaan dan kemenangan. Menjauhkan mereka dari jalan kesesatan, penyimpangan dan keteledoran. Memperingatkan mereka akan bahaya mengikuti arus zaman tanpa mengindahkan petunjuk langit. Serta mengingatkan mereka akan tanggung jawab yang harus dipikul oleh masing-masing pribadi, keluarga dan masyarakat di hadaapan Allah swt. 

Dan seterusnya. Para ahli hikmah dan orang-orang bijak, dengan ruhani mereka yang mengkilap dan kental, menerangi umat; jalan-jalan panjang menuju surga. Dan dengan keteladanan dan contoh nyata dalam kehidupan, mereka menjadi semacam lentera di kegelapan malam nan gulita. Menyelamatkan masyarakat dari ketergelinciran ke jurang neraka. Mereka sadarkan umat, bahwa untuk meraih mimpi indah di dunia dan akherat, diperlukan semangat puncak dan usaha yang maksimal. Serta sandaran yang kokoh kepada Zat Yang Maha Perkasa. 

Ketiga elemen kekuatan umat inilah yang dulu, pernah mengembalikan kejayaan umat di masa pemerintahan Muzhafar Qutuz. Yang mampu memukul mundur pasukan Tartar di bawah komando Hulako yang bengis itu. Karena para ulama seperti Ibnu Taimiyah dan orang-orang bijak memberikan andil, peran dan kontribusi yang diharapkan umat. 

Saudaraku...
Sebagai eleman umat, sudahkah kita bermimpi besar tentang masa depan umat Islam ini? Jika belum, bermimpilah. Dan bagi yang telah bermimpi, bangunlah dan segera kejar mimpi tersebut. Semoga sejarah gemilang umat Islam, yang menjadi mimpi kita bersama segera terbangun dan terwujud di alam realita. Dan kita termasuk orang yang mengambil peran dalam perjuangan umat menuju ke sana. Amien. Wallahu a'lam bishawab. 


Riyadh, 04 Agustus 2012 M
Ustadz Ahmad Mustaqim


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow my page

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls